oleh

KPU Banggai Gelar Sosialisasi Pemilu 2019 bersama Stakeholder.

Pemilu 2019 masih menyisahkan waktu kurang lebih dua bulan lagi.  Pada tanggal 17 April 2019  rakyat Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi untuk memilih wakil-wakilnya di DPR,  DPRD,  DPD dan juga memilih Presiden dan Wakil Presiden.
Untuk mensukseskan agenda Nasional tersebut KPU Banggai gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat, tidak hanya sekali dua kali,  setelah menyasar pemilih dengan berbagai latar belakang basis,  Kota dan Desa,  KPU juga melaksankan sosialisasi ke Stakeholder, sebagai pemangku kepentingan hal ini perlu di laksanakan.  Hadir dalam sosialisasi tersebut,  Bupati dan Wakil Bupati Banggai,  Kejaksaan Negeri Luwuk,  Pengadilan Negri Luwuk,  Polres Banggai,   Dandim 1308, Sekab Banggai , Danlanal AL, Camat dan para kepala Desa se Kabupaten Banggai serta di hadiri juga oleh Bawaslu Kabupaten Banggai. Kegiatan ini berlansung di Aula Rapat Kantor Bupati Banggai pada hari Jumat tanggal 15 februari 2019.

Dalam sambutanya Bupati Banggai, Herwin Yatim meyampaikan,  bahwa tugas dan tanggung jawab pemilu bukan hanya di bebankan kepada penyelenggara Pemilu, tetapi kita semua juga harus ikut mendukung dan membantu agar pelaksanaan pemilu khususnya di Kab.  Banggai berjalan dengan baik, aman dan terkendali. Salah satunya adalah kita menghimbau masyarakat kita untuk aktif mengecek namanya di DPT,  dan jika belum ada namanya untuk segera melapor ke KPU atau jajarannya agar segera di daftarkan di DPK.
Demikian juga dengan masyarakat yang belum memiliki KTP el,  ” Saya perintahkan Dukcapil untuk intens jemput bola,  turun ke lapangan melakukan perekaman ke masyarakat dalam rangka memudahkan pelayanan” Ujar Bupati di hadapan peserta sosialisasi.
Para Camat dan kepala desa harus aktif menghimbau masyarakatnya agar memiliki KTP el sebagai salah satu syarat warga negara yang memiliki hak pilih.
” kita tidak mau mendengar setelah pemilu usai masih ada lagi masyarakat kita yang mengeluh dan protes karna tidak terdaftar atau tidak memiliki KTP el, inilah kenapa sosialisasi ini penting untuk di laksanakan” tambah Herwin Dalam sambutanya.

Dari pihak keamanan TNI/ Polri yang di sampaikan mewakili Kapolres Banggai dan Dandim 1308 menegaskan komitmennya untuk mengawal dan memberi jaminan keamanan atas terselenggaranya pemilu 2019 nanti.

Sementara itu,  Zaidul Bahri,  Ketua KPU Banggai dalam presentasinya menjelaskan dengan detail kebijakan dan Tahapan KPU dalam pemilu 2019, ” Saat ini kita sedang berada pada tahapan kampanye dan pemutakhiran data pemilih,  dimana pada tanggal 16/02/2019 KPU akan melaksanakan pleno perbaikan DPT,  menetapkan Jumlah DPTB dan Merekap DPK, tentu setelah di lakukan berjenjang dari Bawah” ujar Zaidul Bahri.
” Disamping itu juga kita masih punya Problem,  seperti data pemilih,  Gudang penyimpanan logistik dan tenaga pengaman di TPS,  dan Alhamdulillah melalui pertemuan ini semua ada solusinya,  untuk data pemilih khususnya wajib pilih yang belum memiliki KTP el, Dukcapil,  Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa siap proaktif untuk turun bersama ke masyarakat melakukan perekaman KTP el dan di pastikan tuntas sebelum hari pemunggutan suara, dan untuk gudang penyimpanan logistik di kecamatan KPU Banggai sdh menentukan titik koordinat gudang yang layak dan aman untuk penampungan logistik di kecamatan,  sementara untuk tenaga keamanan di TPS yang berjumlah dua orang pemerintah siap menangulangi seragam dan untuk honornya dari KPU.
Kegiatan ini mendapat apresiasi dari pemerintah Daerah dan para kepala desa,  dalam pertemuan itu juga semua berharap yang terbaik agar pemilu di Indonesia dan di Kabupaten Banggai khususnya berjalan dengan lancar dan sukses.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *