oleh

Efektifkan Kinerja Penyelenggara Adhoc : KPU Poso Lakukan Supervisi Tahapan Pemilu 2019

-BERITA-240 views

POSO– Pasca Pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP)Kabupaten Poso, 2 Orang komisioner KPU Poso Budiman Maliki S.Sos (ketua) dan Wilianita Selviana Pangetty, SE (anggota)melaksanakan monitoring pelaksanaan tahapan pemilu di tingkat kecamatan dan kelurahan/desa. Sebagaimana dalam PKPU Nomor 5 Tahun 2018, bahwa DPSHP diumumkan oleh PPS mulai tanggal 22 Juli, maka penting bagi KPU Kab Poso untuk memastikan bahwa DPSHP telah diumumkan dengan baik oleh PPS di masyarakat.

“Monitoring ini dilakukan selain merupakan bagian dari tugas dan wewenang juga ingin mengetahui sejauh mana masyarakat di wilayah kabupaten Poso mengetahui atau bahkan terlibat berkontribusi langsung pada tahapan pemilu yang sedang berjalan”jelas Budiman ketika ditanya tentang maksud dan tujuan dari monitoring ini.

Selain itu juga, monitoring ini merupakan bagian dari evaluasi kinerja PPK dan PPS di wilayah kerja masing-masing, apabila ditemukan ada anggota PPK atau PPS yang tidak aktif atau tidak bekerja, akan segera kami beri SP (surat peringatan) sebab bisa berpotensi menghambat tahapan” lanjut Budiman Miliki ketua KPU Kab. Poso, menambahkan penjelasannya.

Adapun wilayah monitoring KPU Poso ini mencakup wilayah koordinasi masing-masing komisioner yang telah diatur bersama, yaitu Poso Pesisir Bersaudara dan Pamona Selatan, Tenggara dan Timur oleh Budiman Maliki. Pamona Puselemba, Barat dan Utara,serta Lore Peore, Utara, Tengah dan Timur oleh Wilianita Selviana. Sementara wilayah Poso Kota bersaudara, Lore Selatan dan Barat oleh Taufik Hidayat.
‚ÄĆSupervisi dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi kinerja penyelenggara Adhoc dalam hal ini PPK dan PPS terkait kinerja pelaksanaan tahapan pemilu 2019, sebagaimana diatur dalam UU 7 Tahun 2017 tentang Pemilu bahwa PPK dan PPS tugasnya adalah membantu KPU Kab dalam penyelenggaraan Tahapan Pemilu. Memasuki tahapan pemilu 2019 yang sangat padat dibutuhkan kinerja PPK dan PPS yang berorientasi efektifitas dan efisiensi demikian di tutup Wilianita Selfiana anggota KPU Kab Poso.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *