oleh

Menyelesaikan Pemilih Non KTP El : KPU Sigi Intensifkan Koordinasi Bersama Pemda Sigi.

-BERITA-85 views

KPU Kabupaten Sigi pasca penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan untuk pemilu 2019, terus mengintensifkan koordinasi bersama dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Kab. Sigi bersama jajaran Dinas terkait. Tercatat dalam data Formulir AC. KPU Kab Sigi atau Pemilih Potensial Non KTP el sejumlah 19.435 pemilih. Jumlah ini cukup fantastis sebab berkaitan erat dengan hak konstitusional pemilih yang akan dihilangkan dalam pemilu 2019 mendatang. Setelah diselesaikan secara berangsur angsur jumlah itu menurun menjadi 13.000 pemilih.

Dinas Dukcapil telah menyelesaikan sejumlah 7491 pemilih yang terindentifikasi telah melakukan perekaman e KTP. Dengan demikian ada sekitaran 6 ribuan pemilih yang masuk kategori non KTP e. Berdasarkan rapat kordinasi terakhir bersama Asisten 1 Pemda Sigi, Kadis PMD dan Dinas Dukcapil maka data tersebut akan diselesaikan dalam batas waktu penyusunan Daftar Pemilih Tetap ( DPT ).

Menurut Nuzul Lapali, Ketua KPU Kab. Sigi, bahwa data tersebut akan diselesaikan secara berangsur angsur bersama Dinas Dukcapil dengan melakukan pemetaan dan perekaman KTP el berbasis kecamatan. Dukcapil telah berjanji dan berkomitmen untuk menyelesaikan Pemilih Non KTP el dengan cara melakukan perekaman KTP el di 15 kecamatan Kab Sigi, Imbuh Nuzul.

Menurutnya, bahwa secara teoritik pendaftaran pemilih ini dilaksanakan dalam dua cara yakni apa yang disebut dengan mandatori registration dan Partisipatory registration. Artinya pendaftaran pemilih diberi mandat oleh KPU untuk melakukan pendataan dan pemutakhiran juga dapat dilakukan melalui partisipasi masyarakat. Nuzul yang juga pegiat Lembaga Swadaya Masyarakat ini, mengatakan bahwa penting adanya jemput bola terhadap perekaman KTP el untuk memastikan bahwa tugas negara melakukan pendataan kependudukan bisa berdampak pada kualitas pemutakhiran data pemilih yang baik.

Kerjasama antara KPU Kab Sigi bersama Pemda dalam hal ini Dinas Dukcapil Kab Sigi diharapkan dapat memastikan bahwa pemilih non KTP el ini dapat diselesaikan secara cepat. Sehingga Data pemilih pemilu tahun 2019 dapat berkualitas melahirkan data pemilih yang akurat dan valid. ( Tim Media KPU Sulteng )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *