oleh

Ribuan Warga Sigi Rekam e-KTP

-BERITA-103 views

SIGI – Sebanyak 1.257 warga di kabupaten Sigi melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk ( e-KTP ) dikantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab Sigi. pada Rabu, 2/8/2018.

Ribuan warga tersebut merupakan warga ditiga kecamatan di Sigi yakni ; Kecamatan Biromaru, Kinavaro dan Dolo Selatan. Dihubungi Jadayat Djafar, selaku Anggota KPU Kab Sigi mengatakan perekaman KTP e oleh ribuan warga Sigi tersebut merupakan warga yang memiliki hak pilih dimana tahap pemutakhiran data pemilih pemilu 2019 mereka masih masuk dalam kategori pemilih non E KTP.

Kegiatan perekaman ini merupakan realisasi kerjasama hasil kordinasi antara KPU Kab Sigi dengan Pemerintah Daerah Kab Sigi dalam hal pemenuhan hak memilih oleh warga negara yang telah memenuhi syarat sebagaimana dalam UU 7 tahun 2017 tentang pemilu dan Peraturan KPU Nomor 11 tahun 2018 tentang Pemutakhiran data pemilih pemilu 2019. Sebagai penyelenggara pemilu maka kami berkewajiban untuk melindungi hak politik warga negara dalam pemilu sambung Hidayat.

‌Kerjasama ini dilaksanakan sejak tanggal 2 Agustus sampai dengan tanggal 6 Agustus mendatang. Selain dilaksanakan di kantor dinas dukcapil kab Sigi, kegiatan perekaman KTPe ini dilaksanakan ditingkat kecamatan agar dapat menjangkau warga yang belum memiliki KTPe. Kami akan fokus dalam mengerjakan perekaman KTP e bersama dukcapil agar seluruh warga yang belum memiliki KTPe dapat melakukan perekaman sehingga selain untuk kepentingan pemilu 2019 warga juga dapat memanfaatkan identitas kependudukannya itu untuk kepentingan pembangunan lainnya atau kesejahteraan masyarakat kab Sigi, imbuh Hidayat.

‌Ditempat terpisah Ketua KPU Kab Sigi, Nuzul Lapali, mengatakan bahwa KPU Kabupaten Sigi pasca penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan untuk pemilu 2019, terus mengintensifkan kordinasi bersama dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati dan Dinas Dukcapil Kab. Sigi. Sebelumnya Nuzul, menyampaikan bahwa Tercatat dalam data AC. KPU Kab Sigi atau Pemilih Non KTPe, sejumlah 19.435 pemilih. Jumlah ini cukup fantastis sebab berkaitan erat dengan hak konstitusional yang akan dihilangkan dalam pemilu 2019.

Setelah diselesaikan secara berangsur angsur jumlah itu menurun menjadi 13.000. pemilih Dinas Dukcapil telah menyelesaikan sejumlah 7491 pemilih yang terindentifikasi telah melakukan perekaman e KTP. Dengan demikian ada sekitaran 6 ribu pemilih yang masuk kategori non KTP e.

Berdasarkan rapat kordinasi terakhir bersama Asisten 1 Pemda Sigi dan Dinas Dukcapil maka data tersebut akan diselesaikan dalam batas waktu penyusunan Daftar Pemilih Tetap ( DPT ). Bahwa data tersebut dilakukan secara berangsur angsur bersama Dinas Dukcapil dengan melakukan pemetaan dan perekaman KTPe berbasis kecamatan. Dukcapil telah berjanji dan berkomitmen untuk menyelesaikan Pemilih Non KTPe ini dengan cara melakukan perekaman KTPe di kecamatan kecamatan Kabm Sigi, Tutup Nuzul.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *